Sunday, July 29, 2012

Inilah Mobil Pemecah Rekor Dunia Tercepat di Es

Mobil Bentley ini melaju dengan kecepatan 321,8 kilometer per jam dan berhasil memecahkan rekor Guinness World Record (GWR) sebagai mobil tercepat di atas es.

Pada 10 Februari 2011, pembalap Finlandia Juha Kankkunen mengendarai mobil bersilinder 12 Bentley Continental Supersport di atas laut yang membeku. Pembalap ini berhasil mencapai kecepatan maksimal 321,8 kilometer per jam.


Pencapaian ini melebihi rekor Kankkunen sebelumnya, yakni 321,6 kilometer per jam pada 2007 menggunakan Bentley Continental GT. Saat pemecahan rekor ini, jalur es tebal sepanjang 16,5 kilometer pun dibuat di Laut Baltik, Finlandia.

Memperhitungkan arah angin, Kankkunen melakukan dua kali putaran jalur dan juri GWR menilai kecepatan rata-ratanya. Untuk mencetak rekor ini, Kankkunen harus menjaga mobilnya tetap terkendali sementara melaju di permukaan es yang licin.

Saat itu, suhu mencapai 30 derajat Celsius dan angin berbahaya berpotensi berhembus di laut beku itu. seperti dikutip AFP, suatu hal yang benar Kankkunen memutuskan melaju berlawanan dengan arah angin.

No comments:

Post a Comment